Seragam PNS

Tips Menjadi PNS dan Peraturan Terbaru Tentang Pakaian Dinas PNS

Menjadi seorang PNS telah menjadi impian banyak orang. Bukan hanya mengenai passion, banyak orang memilih menjadi PNS karena masa tuanya akan terjamin.

Jaminan hari tua tersebut didapat dari potongan gaji seorang PNS yang setiap bulannya akan secara otomatis terpotong.

Dengan jaminan itu, tidak heran jika sebuah instansi pemerintahan membuka lowongan pekerjaan, maka akan ada ribuan orang yang siap melamar agar dapat menjadi PNS.

Seorang PNS bukan melulu menjadi guru. Banyak pekerjaan lain di instansi pemerintah yang menyediakan lowongan untuk mereka yang berminat menjadi PNS.

Nah, karena pekerjaan yang berbeda beda itu. Seragamnya pun dibedakan untuk mempermudah orang lain dalam mengenali pekerjaan apa yang digeluti orang tersebut.

Lalu, bagaimana ya caranya menjadi PNS?

Faktanya, pemerintah juga menyediakan sekolah kedinasan yang kelulusannya dijamin akan langsung menjadi PNS tanpa harus memantau instansi pemerintah mana yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Sehingga, ada setidaknya ratusan ribu orang yang mendaftar sekolah kedinasan setiap tahunnya.

Tapi bagaimana jika Kita tidak berkesempatan mendaftar di Sekolah kedinasan?

Tenang, seperti kata pepatah lama, ada banyak jalan menuju Roma.

Dan benar saja, jika kamu benar benar berminat menjadi PNS tetapi tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah di sekolah kedinasan, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menembus lowongan dari instansi pemerintahan tersebut. Apa saja ya? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Rajin memantau instansi pemerintah yang ingin kamu masuki menjadi cara yang pertama. Beberapa instansi membuka lowongan kerja melalui media online, jadi Kamu bisa melihatnya secara berkala pada website resmi instansi pemerintahan terkait.
  2. Sering latihan soal soal CPNS. Hanya memantau website resmi dan mendaftarkan dirimu tidak akan membuatmu berhasil menembus pekerjaan itu. Para instansi pemerintahan itu biasanya akan melakukan tes CPNS sebagai syarat masuk menjadi pekerjanya. Tapi jika tidak membiasakan dengan latihan soal, kamu bisa saja hanya terpaku pada satu soal saja.
  3. Selanjutnya adalah mendaftar pada instansi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. Karna bagaimanapun, kalau hanya memiliki keinginan tanpa kemampuan kamu tetap tidak bisa mendaftarkan diri kamu.
  4. Saat mengerjakan tes psikotes, usahakan untuk menjawabnya sesuai dengan diri kamu. Tidak melebih lebihkan dan tidak dikuranng kurangi. Karena jika ketahuan tidak sesuai dengan pribadi kamu maka pihak instansi biasanya akan langsung menggugurkanmu.
  5. Saat mengerjakan tes CPNS, usahakan untuk mengerjakan sendiri. Tidak bergantung pada seseorang untuk membantu kamu dalam mengerjakannya. Karena selain hal ini tidak dibenarkan secara etika, resiko yang ditimbulkan juga sangat besar. Bahkan Kamu bisa langsung gugur saat itu juga.
  6. Usahakan untuk memakai pakaian rapi dan bersikap profesional saat tes wawancara diadakan. Hal ini diketahui dapat menjadi nilai tambah bagi Kamu.
  7. Menjadi pekerja honorer terlebih dahulu. Memang menjadi pekerja honorer sangat melelahkan tapi gaji yang dihasilkan tergolong kecil. Meskipun demikian, beberapa instansi pemerintah menerapkan aturan ini sebagai syarat untuk mendaftar sebagai PNS. Oleh karena itu, cobalah untuk menjadi pekerja honorer terlebih dahulu sebelum mendaftar sebagai PNS.
  8. Yang terakhir dan yang paling penting adalah unutk berdoa kepada Tuhan agar diberikan kelancaran saat mengerjakan tes CPNS dan bisa terpilih menjadi PNS di instansi yang kamu tuju.

Sebelum menjadi PNS, Kamu tentu harus memahami terlebih dahulu bagaiamana peraturan tentang pakaian dan atribut yang wajib dikenakan sebagai seragam hariannya.

Karena model baju seragam PNS terbaru menurut aturan seragam PNS oleh Mendagri nomor 6 tahun 2016 tentang pakaian dinas ternyata bermacam macam, loh!

Sebagai contohnya adalah seragam PNS guru. Beberapa model dari seragam PNS wanita yang sedang digandrungi adalah blazer atau jas model panjang. Model ini memberikan kesan yang elegan tetapi masih dengan kesan mengayomi.

Sedangkan dengan seragam PNS pria, model yang digunakan tergolong itu itu saja. Hanya berbeda pada panjang lengannya saja.

Meskipun model yang dikenakan antara guru yang satu dengan guru yang lain berbeda,tetapi warna yang diberikan tetap sama.

Lalu, bagaimana dengan ketentuan seragam mengenai PNS yang lain? Kami akan memberikan gambaran tentang apa saja atribut yang harus ada pada seragam tersebut. Simak ulasan berikut, yuk!

  1. Pakaian Dinas Harian Hari Senin dan Selasa

Pada hari senin dan selasa, seorang PNS menggunakan seragam PDH berwarna khaki. Dengan ketentuan krah baju kemeja yang biasa Kita temui, diberi saku tanpa lidah di bagian depan baju, dan pangkat dijahit sejajar dengan pundak.

Selain itu, kancing baju dipasang di depan dan panjang baju menyesuaikan tinggi orang tersebut.

Lalu untuk ketentuan bawah, celana dibuat dengan model lurus yang tidak menempel dengan diberi saku di bagian depan dan belakang.

Untuk wanita, diberikan beberapa pilihan untuk mengenakan bawahannya. Bisa menggunakan celana model lurus tadi, atau bisa juga menggunakan rok span. Dengan warna seragam pns yang telah disesuaikan tentunya.

Tidak hanya itu, ada atribut tambahan lain yang wajib digunakan oleh seorang PNS, yakni pin dengan logo Bhakti Husada yang diletakkan di atas saku depan baju bagian kiri

  1. Pakaian Dinas Harian Rabu dan Kamis

Pada hari rabu dan kamis, jadwalnya untuk menggunakan seragam PNS hitam putih.

Atasannya menggunakan kemeja berwana putih dengan bawahannya menggunakan celana berwarna hitam.

Masih sama dengan ketentuan sebelumnya, celananya haruslah berpotongan lurus dan tidak menempel dengan diberikan tambahan saku di bagian depan dan belakang celana.

  1. Pakaian Dinas Harian Jumat

Untuk hari jumat, PNS akan mengenakan seragam batik khas dari daerah tempatnya berbeda. Tidak heran jika di setiap daerah akan ditemui seragam batik dengan corak yang berbeda bergantung pada daerah tempatnya bekerja.

Untuk bawahannya, tinggal menyesuaikan sesuai dengan warna batik yang digunakan agar terlihat padu dan cocok untuk dilihat.

Memang seragam seragam PNS itu sangat mudah untuk ditemui di pasaran. Namun, model dan bahan yang ditawarkan bisa jadi tidak sesuai dengan selera yang dicari.

Untuk itu, kami memberikan penawaran dengan jual seragam PNS jadi dengan model seragam PNS yang sesuai dengan aturan baju seragam PNS menurut Mendagri.

Seragam PNS terbaru yang tersedia di toko Kami yaitu seperti Seragam PNS guru, Seragam PNS Kemenkumham, Seragam PNS Polri, Seragam PNS Kemhan, Seragam PNS TNI AD, Seragam PNS Limnas, Seragam PNS Pemda, dan Seragam PNS Kemendikbud.

Tidak hanya jual Seragam PNS wanita saja, Kami juga menyediakan Seragam PNS pria.

Untuk itu, kunjungilah toko seragam PNS kami untuk menemukan berbagai referensi model yang sesuai dengan peraturan terbaru yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Demikian informasi mengenai peraturan seragam PNS beserta dimana Kamu bisa menemukan model seragam PNS yang memiliki model modern dan sesuai dengan aturan Mendagri nomor 6 tahun 2016 tentunya.