Selain Indonesia, Ini 5 Negara yang Gratiskan Vaksin Corona Kepada Warganya

Negara yang Gratiskan Vaksin Corona Kepada Warganya

Virus Corona menjadi virus yang mengancam banyak negara di dunia, salah satunya Indonesia. Menurut data yang dicatat oleh Universitas John Hopkins Amerika Serikat, setidaknya virus Corona telah membunuh sebanyak 1,5 juta orang di dunia. Untuk mengakhiri virus ini, maka dibuatlah vaksin Corona. Ada beberapa perusahaan farmasi dunia yang mengembangkan vaksin serta menunjukkan hasil menjanjikan, seperti Moderna, Astrazeneca, Pfizer dan Biotech.

Saat ini terdapat titik terang mengenai vaksin Corona. di mana vaksin ini telah dikeluarkan dan siap digunakan oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Beberapa negara lainnya juga mulai memvaksinasi warganya dengan mendahulukan kelompok masyarakat yang rentan terkena virus. Selain Indonesia, terdapat beberapa negara di dunia yang akan memberikan vaksin covid-19 untuk warganya secara gratis.

5 Negara Ini Gratiskan Vaksin Covid-19 kepada Warganya

Dengan adanya vaksin Corona, banyak negara berharap virus tersebut dapat tersingkirkan dan kehidupan berjalan normal. Sejumlah negara ini pun memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warganya secara gratis untuk mencegah penularan virus Corona lebih luas. Berikut 5 negara yang menggratiskan vaksin covid-19 kepada warganya, di antaranya yaitu

1. Inggris

Inggris menjadi negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan pembuatan vaksin darurat oleh Pfizer-BioNtech. Salah satu warga negaranya bernama Margaret Herman berusia 90 tahun menjadi orang pertama yang disuntik vaksin corona. Pemerintah Inggris sendiri mengupayakan pemberantasan virus ini dengan memberikan vaksin kepada kelompok masyarakat yang rentan terkena virus.

Pada gelombang pertama, vaksin Corona diberikan kepada kelompok berusia 80 tahun ke atas yang ada di rumah sakit, perawat dan tenaga kesehatan. Orang berusia 65 tahun keatas juga akan diberikan vaksin dan orang yang mengidap penyakit bawaan. Intinya vaksin tersebut diberikan kepada orang yang rentan terkena virus.

2. Malaysia

Negara tetangga yang satu ini juga menetapkan vaksin Corona akan diberikan kepada warga negaranya secara gratis. Hal ini sesuai dengan pernyataan perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Malaysia berencana untuk mewajibkan vaksin, khususnya kepada orang-orang yang beresiko dan rentan terkena penyakit.

3. Singapura

Pemerintah Singapura juga sangat memperhatikan virus Corona ini dan berupaya keras untuk membasminya, salah satunya dengan memberikan vaksin gratis kepada warganya. Hal ini juga disampaikan oleh perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Prioritas pertama yang akan diberikan vaksin yaitu masyarakat yang beresiko seperti petugas kesehatan, lansia, petugas garis depan dan lainnya. Menurut pemerintah Singapura, vaksinasi ini akan diberikan secara bertahap untuk seluruh penduduk.

4. Mesir

Negara Mesir juga memiliki rencana untuk membagikan vaksin Corona buatan Sinopharm, China kepada warganya secara gratis. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh menteri kesehatan Mesir Hala Zayed. Kelompok prioritas yang akan mendapatkan vaksin ini yaitu staf medis rumah sakit dan orang yang rentan terkena penyakit atau virus Corona.

5. Jepang

Jepang juga menjadi negara yang akan memberikan vaksin Corona kepada warga negaranya. Hal ini telah diatur dalam undang-undang pemerintah Jepang yang akan membiayai vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang.

Itulah 5 negara selain Indonesia yang memberikan vaksin Corona kepada warga negaranya secara gratis. Pasalnya masih ada beberapa negara lainnya yang memberi vaksin Corona secara gratis seperti Perancis, Bangladesh, Australia, AS, Kanada, Maroko. Rencananya Indonesia juga akan memberikan vaksin covid-19 kepada warga negaranya.

Untuk mencari tahu perkembangan informasi mengenai virus Corona dan vaksinnya, Anda dapat mengunjungi situs halodoc.com. Halodoc merupakan portal yang memberikan informasi seputar kesehatan dengan lengkap. Ada beragam fitur yang dimiliki, mulai dari tanya dokter, cari obat, cari dokter hingga informasi terkini mengenai Virus Corona.

Negara yang Gratiskan Vaksin Corona Kepada Warganya – Treeangle

Tinggalkan komentar