Seragam Sekolah Menengah Pertama SMP

Trik Jitu Membuat Bisnis Jualan Seragam SMP agar Untung Besar

Sebentar lagi anak-anak akan memasuki tahun ajaran baru di mana ada yang baru masuk sekolah mau pun naik kelas. Membicarakan naik kelas, tentu kamu sudah tahu setelah selesai dengan pendidikan SD, anak-anak akan mulai menghadapi tahun ajaran SMP yang pastinya tingkat itu semakin susah dan lebih banyak tantangannya dibandingkan saat masih SD.

 

Mereka yang baru mau masuk SMP, membutuhkan banyak persiapan agar bisa mengikuti kegiatan sekolah sepenuhnya, apalagi ada beberapa hal yang harus mereka perhatikan agar bisa sesuai dengan peraturan sekolah, seperti seragam SMP.

 

Baju seragam memang hal yang harus dipersiapkan, apalagi sangat penting dipakai setiap hari saat ke sekolah. Baju tersebut bukan sebagai pakaian biasa saja, melainkan bertujuan untuk memberikan identitas pada diri siswa itu sendiri dan juga sekolahnya. Dengan memakai seragam, tentu kita akan tahu siswa itu berasal dari sekolah mana karena memang masing-masing sekolah memiliki ciri khasnya, sehingga bisa dibedakan dengan sekolah lainnya.

 

Tidak hanya dibedakan dari aturan sekolah yang berlaku saja, tapi juga dari tingkat pendidikan yang sedang dijalani seorang siswa. Mulai dari SD sampai SMA, tentu ada baju seragamnya sendiri, sehingga kamu bisa gampang tahu mereka sedang berada di tingkat pendidikan yang mana.

 

Siswa SD menggunakan putih merah dan dasi berwarna merah sebagai seragamnya, lalu ada SMP yang memakai putih, biru tua, dan dasi biru, serta SMA yang memakai seragam putih abu-abu yang dilengkapi dengan dasi abu-abu. .

 

Di Indonesia, ada banyak jenis sekolah yang tersedia, entah itu swasta, negeri, sampai ada yang private. Negeri menjadi salah satu sekolah yang peminatnya banyak, karena dibantu langsung dari pemerintah, sehingga untuk uang sekolahnya tidak terlalu mahal seperti yang ada di sekolah swasta.

 

Sama juga dengan sekolah-sekolah lainnya, siswa yang masuk negeri juga harus mengenakan seragam SMP negeri yang sudah ditentukan dari pihak sekolahnya. Secara umumnya, baju yang dipakai siswa negeri tidak berbeda jauh dengan yang digunakan oleh siswa sekolah swasta. Yang membedakannya yaitu pada baju seragam SMP negeri menggunakan bawahan yang lebih panjang dibandingkan siswa bersekolah swasta.

 

Baik itu yang cewek atau yang cowok, bawahannya memang lebih panjang dan mencapai mata kaki. Jadi, kalau kamu lihat siswa yang menggunakan rok atau celana SMP yang panjang, bisa dipastikan mereka sekolah di negeri. Tentu saja dalam hal itu menjadi ciri khas sekolah negeri di Indonesia.

 

Dari penjelasan singkat itu, kamu pasti sudah lebih paham seberapa pentingnya seragam SMP di Indonesia. Karena memiliki peluang yang cukup besar, tidak jarang orang yang menjualkan seragam untuk anak-anak SMP di saat menjelang pembukaan tahun ajaran baru. Kamu pasti mulai melihat banyak yang menjualkan seragam sekolah SMP putih biru ketika tahun ajaran akhir mulai selesai.

 

Di saat itulah mereka mendapatkan banyak keuntungan berlipat ganda dibandingkan hari-hari biasanya. Permintaan yang banyak tentu membuat mereka cepat untung, apalagi mereka menggunakan strategi yang ampuh dalam memasarkannya. Mungkin buat kamu yang mau berjualan seragam SMP putih biru, ada beberapa tips jitu agar penjualan kamu banyak untung.

 

  1. Pilih konveksi terpercaya

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari jasa konveksi baju seragam sekolah terpercaya terlebih dulu. Konveksi merupakan jasa pembuat pakaian yang bisa kamu pesan dalam jumlah yang banyak. Kamu tidak usah repot-repot lagi membuat baju SMP-nya karena nanti kamu bisa memesannya langsung dari konveksi pilihan kamu.

 

Tapi, dalam mencari jasa konveksi, sebaiknya kamu jangan asal pilih. Setiap tempat pasti memiliki kualitas yang berbeda-beda, apalagi bahan-bahan yang digunakan terkadang tidak semuanya bagus. Karena itu, kamu harus pastikan dulu dan pilih dengan pintar agar bisa mendapatkan konveksi yang berkualitas.

 

Kamu bisa bertanya pada orang-orang terdekatmu yang tahu tentang pembuatan baju seragam. Kalau tidak, kamu mencarinya sendiri dan memastikan sendiri kalau tempatnya bisa dipercaya. Jangan lupa cari yang dekat dengan rumah agar kamu bisa gampang bolak-balik untuk melihat pesanan, mengambil pesanan, atau keperluan lainnya.

 

Mintalah pada mereka contoh bahan yang digunakan agar kualitasnya bisa tahu apakah bagus atau tidak. Lihat juga bagaimana mereka menjahitnya, apakah rapi atau tidak. Untuk penyelesaian semua pesanan juga harus kamu pastikan apakah mereka bisa cepat selesai tepat waktu. Kalau semua kriteria itu sesuai, pilih saja konveksi mereka.

 

Pastikan juga mereka bisa mengerjakan model seragam SMP yang kamu inginkan.

 

  1. Sesuaikan dengan permintaan pasar

 

Permintaan pasar untuk kebutuhan seragam terkadang berbeda-beda, apalagi ada yang swasta dan ada yang negeri. Bahkan setiap sekolah terkadang ada lebih dari 1 seragam yang digunakan berbeda untuk pelajaran lain, seperti olahraga dan pramuka. Kamu harus bisa menyesuaikannya agar keuntungan kamu tetap berjalan.

 

Caranya kamu harus cari tahu dulu ciri khasnya untuk masing-masing sekolah. Misalkan saja untuk sekolah Muhammadiyah. Kamu harus cari tahu dulu bagaimana seragam SMP Muhammadiyah pada umumnya. Setelah itu, kamu bisa menjualnya di saat permintaan pasarnya sedang naik.

 

Di saat permintaan pasar sedang naik, tentunya kamu bisa menaikan harganya agar keuntungan kamu bisa semakin bertambah. Tapi ingat, jangan naikan terlalu tinggi karena pastinya ada banyak penjual lainnya yang memberikan harga yang kompetitif.

 

  1. Sediakan banyak model

 

Dilanjutkan dari poin sebelumnya. Kamu juga harus menyediakan banyak model selain seragam Muhammadiyah. Semakin banyaknya kamu menjual model seragam SMP, tentu saja akan ada banyak konsumen yang memilih tempat kamu. Untuk rok, biasanya ada macam-macam model sesuai dengan seragam sekolah itu sendiri.

 

Sediakan saja model rok yang berbeda-beda agar toko kamu bisa menjadi pilihan mereka untuk mencari bawahannya. Tidak hanya itu saja. Kamu juga harus sediakan bahan kain agar mereka yang ingin membuat desain seragam SMP sendiri bisa memanfaatkannya. Ada juga sekolah-sekolah yang memberikan hari bebas untuk 1 hari saja dalam seminggu, sehingga biasanya siswa mencari bahan sendiri untuk dijadikan seragam.

 

  1. Bekerja sama dengan pihak sekolah

 

Cara jitu lainnya yang banyak mengundang untung adalah bekerja sama dengan pihak sekolah. Adanya kerja sama dengan pihak sekolah, kamu akan semakin gampang mendapatkan konsumen, apalagi permintaan mereka yang banyak. Buat kamu yang mau melakukan tips ini, pastikan kamu mencari konveksi terpercaya agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan permintaan sekolah.

 

Misalkan saja kamu kerja sama dengan sekolah Labschool. Kamu harus pastikan seragam SMP Labschool itu sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Siap sedia waktu kamu ketika ada yang meminta seragam dadakan, karena biasanya hal itu terjadi ketika sedang ada percobaan seragam menjelang ajaran baru

 

  1. Harga kompetitif

 

Harga yang kamu berikan juga harus yang kompetitif agar bisa bersaing dengan toko lain. Cara lainnya yaitu kamu gunakan harga murah di awal penjualan, setelah itu naikan harga setelah banyak yang berminat. Buat cewek seragam SMP yang model roknya lebih banyak, kamu sesuaikan saja harganya dengan pasarannya.

 

Dalam menjual seragam SMP lengkap, tentu prosesnya yang tidak gampang dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keuntungan. Pastikan saja kamu menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar kamu bisa menarik minat pembeli. Menawarkan seragam SMP berdasi memang harus membutuhkan kesabaran dan waktu yang tepat agar keuntungan bisa datang ke toko kamu.